Gua Maria Watu Blencong - Borosuci, Paroki Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo

Gua Maria Watu Blencong - Borosuci, Paroki Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo

Gua Maria Watu Blencong - Borosuci, Paroki Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo


Berdirinya Gua Maria Watu Blencong Yogyakarta


     Pada tanggal 1 Januari 2009 lalu di Boro Suci kabupaten Kulon Progo terdapat sejarah iman Katolik yang sungguh luar biasa. Hari itu ialah hari dimana devosi kepada Bunda Maria telah dimulai di Gua Maria Watu Blencong tersebut. Pemberian nama Gua yaitu Gua Maria Watu Blencong juga memiliki arti khusus bagi umat setempat yaitu batu yang bisa mengeluarkan cahaya api di malam hari. Di batu tersebut telah ditahtakan seorang Bunda Yesus yang berdiri tegak di hadapan seluruh umat. Maka dengan ditahtakannya patung Bunda Maria di Gua itu akhirnya mulai banyak orang – orang yang berdatangan ke tempat itu, tak hanya umat di lingkungan setempat melainkan umat – umat dari luar pulau Jawa pula. Banyak umat yang datang berbondong – bondong untuk berdoa di hadapan Sang Bunda demi mencari terang kehidupan yaitu Yesus Kristus. Melalui perantaraan Bunda Maria umat percaya akan dianugerahi berkat dan kasih dari Kristus.

Kerohanian Di Gua Maria Watu Blencong


     Gua Maria Watu Blencong Yogyakarta ini hari demi hari kian dikenal umat dari mana saja, karena lokasinya yang cukup berdekatan pula dengan Gua – Gua Maria yang sangat populer di kalangan umat Katolik di Pulau Jawa salah satunya adalah Gua Maria Sendangsono. Gua Maria Watu Blencong selalu ramai didatangi umat terutama pada bulan Maria yang jatuh pada bulan Mei dan Oktober. Banyak umat berziarah ke Gua ini untuk berdoa pribadi, bermeditasi maupun mengadakan retreat atau rekoleksi bersama – sama. Jalan untuk sampai ke Gua Maria Watu Blencong ini juga tak sesulit ke Gua Maria Sendangsono, akan tetapi peziarah harus tetap berhati – hati karena jalan yang dilalui saat musim hujan cukup licin.

Lokasi Gua Maria Watu Blencong Yogyakarta


     Gua Maria Watu Blencong ini terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gua Maria ini berada dalam satu wilayah dengan Gua – Gua Maria yang lainnya yaitu Gua Maria Lawangsih, Gua Maria Sendangsono, dan Gua Maria Jatiningsih. Jarak antara Gua sekitar 7 km naik turun pegunungan. Lokasi keberadaan Gua Maria tersebut berada di Kecamatan Kalibawang, Desa Banjar Asri, Dusun Boro Suci (Yogyakarta sebelah barat). Gua Maria Watu Blencong hingga saat ini bisa dijadikan salah satu referensi kunjungan dan wisata rohani keluarga karena Gua ini juga tidak semua mengenalinya. Suasana dan keindahan alam dari Gua Maria Watu Blencong di Jogja ini sangat cocok untuk para peziarah yang hendak berdoa dan bermeditasi.

Alamat: Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672, Indonesia
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Kembali Ke Daftar Gua Maria Di Indonesia

Demikianlah Gua Maria Watu Blencong - Borosuci, Paroki Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url